Kolesterol


Pernahkan Anda didiagnosis memiliki kolesterol tinggi?
Apakah Anda ingin menurunkan kolesterol Anda?
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu:


Apakah kolesterol?


Kolesterol adalah sebuah substansi mirip lilin-lemak yang dibuat di hati dan sel-sel lain dan ditemukan di dalam makanan-makanan tertentu seperti makanan yang terbuat dari binatang, misalnya produk olahan susu, telur, dan daging.
Tubuh kita memerlukan kolesterol dalam jumlah tertentu agar bisa berfungsi dengan baik. Dinding-dinding sel, atau selaput (membran), memerlukan kolesterol untuk memproduksi hormone, vitamin D, dan asam empedu yang membantu mencerna lemak. Namun tubuh kita hanya memerlukan kolesterol dalam jumlah tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Terlalu banyak kolesterol dalam tubuh dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti penyakit jantung.

Kolesterol dan Penyakit Jantung

Ketika jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak, plak (endapan tebal dan keras) dapat terbentuk dalam pembuluh darah sehingga mempersempit ruang gerak bagi darah untuk mengalir ke jantung. Seiring waktu, endapan ini akan menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) yang menyebabkan penyakit jantung.
Ketika jumlah darah yang membawa oksigen tidak cukup, akan berujung pada angina – nyeri di dada. Ketika suplai darah ke sebagian area jantung terhenti sepenuhnya karena tertutupnya pembuluh darah di jantung¸ akibatnya adalah serangan jantung. Hal ini biasanya terjadi akibat tertutupnya pembuluh darah yang sebelumnya memang sudah menyempit oleh darah yang membeku.