9 Menu Camilan Rendah Kalori (kurang dari 100 kalori)


Baik untuk diet maupun untuk vairasi hidangan yang sehat, 9 menu camilan rendah kalori berikut menawarkan ide makanan yang sehat dan bergizi. Dapat dijadikan camilan untuk anak-anak juga karena rasanya yang enak, dan melibatkan buah-buahan sehingga cocok untuk membuat anak-anak (dan juga orang dewasa) yang kurang senang makan buah.


1. Potongan apel dengan selai kacang
Mencampurkan hidangan manis dan asin merupakan cara yang terbukti akan memuaskan kamu yang senang ngemil. Ukur 3/4 mangkuk irisan apel dan oleskan selai kacang tipis-tipis pada tiap irisan. Untuk menjaga supaya kalorinya tetap hanya 90, jangan gunakan lebih dari 2 sendok teh selai kacang total. Kandungannya? 0.8 g lemak jenuh, 2 mg sodium, dan 0 mg kolesterol.

2. 3/4 mangkuk mangga potong beku
Mumpung masih musim mangga, kamu bisa bikin cemilan sehat siap saji ini “stand by” di rumah. Mangga potong beku ini rasanya seperti makan permen beku. Cemilan ini merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan beta-karoten dan serat, juga memuaskan keinginan ngemil yang manis-manis. ¾ mangkuk saji ini hanya memiliki 90 kalori dan menyediakan 60% dari porsi rekomendasi vitamin C harianmu. Selain rasanya yang enak, mangga potong beku tidak mengandung lemak, sodium, maupun kalori sama sekali. Yeaaaayyyy…

3. 1/3 mangkuk Edamame
Pernah dengar kacang edamame? Edamame adalah kacang kedelai muda yang merupakan cemilan paling sehat dibanding cemilan-cemilan lainnya. Sepertiga mangkuk mengandung lebih dari 8 g protein dan 4 g serat untuk membantumu tetap kenyang. Sebagai bonusnya, kamu otomatis mengkonsumsi hampir 10% dari kebutuhan zat besi yang direkomendasikan per hari. Edamame bisa ditemukan mentah di supermarket-supermarket besar, di toko buah besar seperti total atau bahkan di pasar. Cara mengolahnya? Tinggal direbus aja, kasih garam sedikit supaya lebih enak… lalu tiriskan dan dorong kacang-kacangnya dari kulitnya.

Sepertiga mangkuk edamame mengandung 0.5 g lemak jenuh, 4.5 mg sodium, dan tidak mengandung kolesterol sama sekali (0 mg).

4. Smoothie Blueberry
Segelas smoothie buah merupakan cara yang enak untuk mendapatkan kalsium dan antioksidan ekstra sehari-hari. Coba mencampurkan 1/3 mangkuk yogurt bebas lemak dengan 2/3 mangkuk blueberri beku dan es. Sangat nikmat disantap ketika cuaca panas. Karena melibatkan buah beku dan es batu, cemilan ini sangat dingin dan menyegarkan sehingga kamu akan menikmatinya secara perlahan, tidak mungkin menghabiskannya cepat-cepat. Cemilan yang memerlukan waktu lebih panjang untuk dihabiskan seringkali akan terasa lebih memuaskan. Seporsi smoothie blueberry ini mengandung 0 g lemak jenuh, 59 mg sodium, dan 2 mg kolesterol.

5. Yogurt dengan biji bunga matahari
Aduk sesendok teh biji bunga matahari ke dalam 1/2 mangkuk yogurt tanpa rasa bebas lemak. Biji-bijian ini akan menambahkan tekstur namun hanya menambahkan 19 kalori. Yogurt adalah sumber protein yang bagus, dan keseluruhan cemilan ini hanya mengandung kurang dari setengah gram lemak jenuh. Pastikan kamu menggunakan biji bunga matahari yang tidak asin alias tidak digarami, apalagi kalau kamu sedang mengurangi asupan sodium. Cemilan ini tidak mengandung sodium maupun kolesterol, dan hanya mengandung 0.26 g lemak jenuh.

6. Setengah kentang panggang (Baked Potato) dengan saus Salsa
Microwave sebuah kentang panggang untuk mengolah cemilan mudah yang kaya vitamin C ini, dan bebas kalori. Setengah ketang panggang ukuran medium memiliki 80 kalori – jangan kupas kulitnya karena kulit kentang sarat dengan gizi. Oleskan sesendok makan saus salsa di atasnya untuk memberi rasa tanpa menaikkan kalorinya terlalu banyak. Setengah kentang panggang ini mengandung 124 mg sodium, dan tidak mengandung lemak jenuh maupun kolesterol sama sekali.

7. Roti isi yogurt beku
Yogurt beku yang bebas lemak (nonfat) adalah alternatif sehat dari es krim, dan merupakan pilihan yang mudah ditemukan tanpa adanya gula tambahan. Coba membuat sebuah sandwich "FroYo (Frozen Yogurt)" dengan mengoleskan dua sendok makan yogurt beku nonfat di antara dua cracker. Bahkan jika kamu menggunakan yogurt beku rasa coklat, kalorinya hanya mencapai 84 kalori. Kandungan lainnya? Ada 1 mg kolesterol, 0.13 g lemak jenuh, dan 104 mg sodium di dalam cemilan ini.

8. Stik Pisang Beku
Jika kamu sedang bingung mencari cara kreatif memasukkan buah ke dalam menu diet harianmu, coba bikin stik pisang beku. Potong 2 beberapa pisang yang sudah dikupas dan tusukkan stik es krim. Baluri semuanya dengan satu ons yogurt rasa plain yang rendah lemak. Masukkan stik pisang ini ke dalam freezer, dan kamu akan bisa segera menikmati cemilan enak siap saji yang rendah kalori. Hanya dengan 80 kalori sebatang, cemilan ini bisa kamu nikmati tanpa repot dan merasa bersalah. Mengandung 0.35 g lemak jenuh, 3 mg sodium, dan 7 mg kolesterol.

9. Semangkuk Anggur
Anggur mengandung banyak air, yang berarti semangkuk penuh anggur hanya mengandung 62 kalori. Air yang terkandung di dalamnya membantumu merasa kenyang dan tidak kekurangan cairan. Anggur juga merupakan sumber vitamin K dan mangaan yang baik, juga mengandung beberapa serat. Enak dimakan segar maupun ketika beku. “Cemilan” ini hanya mengandung 0.1 g lemak jenuh, 2 mg sodium, dan tidak mengandung kolesterol.

Takaran mangkuk yang dipakai disini adalah mangkuk ukur untuk bikin kue ya… atau bisa digantikan dengan gelas belimbing. Silahkan mencoba membuat dan menikmati menu cemilan rendah kalori diatas. Selamat menikmati.