Cara Menjaga Berat Badan tetap Ideal



Ketika kamu telah mencapai berat badan yang kamu inginkan, salah satu cara menjaga berat badan tetap ideal adalah dengan bersikap positif terhadap usahamu menjaga agar berat badanmu tidak naik lagi. Untuk menurunkan berat badan secara permanen, kamu harus memiliki komitmen untuk secara bertahap mengikuti cara hidup yang lebih sehat. Jangan kembali melakukan kebiasaan makan yang tidak sehat seperti yang mungkin kamu lakukan sebelum berhasil menurunkan berat badanmu. Mengontrol berat badan bukanlah pekerjaan yang tidak mungkin. Menyeimbangkan apa yang kamu makan dengan seberapa banyak kamu berolah raga akan membantumu tetap menjaga berat badan tetap ideal.

Bagaimana saya mencegah kenaikan berat badan lagi setelah berhasil menurunkannya? Ingat tips berikut:
1. Jangan melewatkan waktu makan. Melewatkan waktu makan dapat memperlambat metabolismemu. Melewatkan waktu makan juga dapat membuat kamu makan dengan porsi yang terlalu banyak begitu kamu makan.

2. Timbang berat badanmu sekali seminggu. Memonitor berat badanmu akan membantumu menghentikan kenaikan berat badan lagi karena kamu akan tetap waspada. Kamu mungkin tidak bisa selalu merasakan perubahan dari bagaimana pakaianmu terasa pas di tubuh.

3. Untuk memastikan kamu mengkonsumsi makanan yang sehat, buat jurnal atau catatan makananmu secara akurat. Catat apapun yang kamu makan dan minum. Jujurlah pada diri sendiri dan akurat, kalau tidak jurnal ini tidak akan membantu. Jurnal makanan akan membantumu menyadari ketika makanan yang kalorinya lebih tinggi kamu konsumsi lebih sering dari jumlah yang sebaiknya kamu konsumsi. 

4. Mencatat kapan kamu berolah raga (dan berapa lama) juga akan membantumu melihat trendnya. Apakah berat badan kamu naik karena kamu tetap memakan makanan yang sama namun berhenti berolah raga?

5. Makan makanan yang beragam untuk mendapatkan gizi yang kamu butuhkan. Masukkan makanan-makanan seperti gandum utuh, buah-buahan, sayuran, dan sumber protein yang rendah/tanpa lemak.

6. Pastikan melakukan banyak kegiatan tiap harinya. Aktivitas fisik adalah salah satu aspek terpenting dalam cara menjaga berat badan tetap ideal, jadi lakukan yang terbaik untuk bisa tetap aktif setiap hari.
Selamat mencoba!