Diet Sehat untuk Melangsingkan Tubuh



Mencari cara diet untuk melangsingkan tubuh? Diet sehat untuk melangsingkan tubuh yang terbaik untukmu adalah menemukan rencana atau program diet yang sehat. Setelah menemukannya, kamu perlu mempersempit beberapa pilihan yang kamu temukan dan memilih program mana yang paling cocok dengan gaya hidupmu, sesuai dengan bagaimana gaya makan dan olah ragamu.

Yang tak kalah penting adalah memilih sebuah diet yang tidak akan membuatmu merasa kelaparan. Cari rencana atau program yang menonjolkan makanan-makanan yang kaya akan cairan dan serat seperti sup, buah-buahan dan sayuran. Makanan-makanan ini akan membuatmu kenyang dan mengurangi keinginan makan sehingga membantumu tetap bertahan menjalankan rencana dietmu tanpa merasa kehilangan.

Berikut adalah checklist untuk membantumu menemukan cara diet yang paling sempurna untukmu:

1. Apakah diet ini cocok dengan gaya makan saya?
Apakah diet ini bisa mengakomodasi kehidupan sosial saya?
Apakah diet ini memiliki pendekatan keluarga sehingga semua anggota keluarga dapat mengikutinya?
Apakah memerlukan persiapan dan cara memasak yang khusus?
Dapatkah saya mengikuti waktu dan/atau jumlah waktu makan/ngemil?

2. Apakah diet ini cocok dengan level olah raga saya?
Beberapa rencana atau program diet menghimbau banyak melakukan olah raga sementara yang lainnnya memintamu untuk lebih banyak bergerak. Jika kamu adalah orang yang tidak banyak bergerak, program yang memasukkan berjam-jam di gym mungkin terdengar bagus, namun pada kenyataannya tidak akan bertahan lama. Pilihlah sebuah program yang memiliki komponen olah raga yang bisa kamu lakukan secara regular lalu meningkat secara bertahap.

Temukan sebuah rencana yang menghimbau aktivitas fisik yang kamu nikmati dan dapat dikerjakan, apakah aktivitas itu berarti menari, berkebun, berjalan kaki, atau sekedar membersihkan rumah.

3. Bisakah saya hidup dengan program tersebut selamanya?
Ketika mempertimbangkan diet apapun, tanyakan pada dirimu sendiri, ”Apakah ini adalah sesuatu yang saya rela lakukan setiap hari selamanya?” Jika tidak, tidak usah repot-repot melakukannya, karena begitu kamu kembali pada apa yang kamu lakukan sebelumnya, berat badanmu akan kembali seperti sebelumnya juga, ujar para ahli.

4. Apakah program ini termasuk makanan yang saya sukai, yang bisa saya masak sendiri, dan mampu saya beli?

Adakah makanan atau minuman yang diminta untuk dikonsumsi dengan mengkombinasikannya atau dalam jumlah yang tidak realistis untuk jangka waktu yang lama? Beberapa program memerlukan minuman pengganti makanan yang mungkin dapat bekerja pada beberapa orang yang sibuk bepergian, namun beberapa orang lebih suka makan makanan daripada minum.

Program atau rencana diet yang memerlukan makanan yang tidak biasa atau memakan berjam-jam di dapur untuk menyiapkannya mungkin bisa berhasil pada orang-orang yang punya banyak waktu dan uang, namun mungkin tidak bisa berhasil bagi semua orang.

5. Seberapa cepat berat badan saya akan turun?
0.45 kg lemak sama dengan 3,500 kalori, jadi kamu perlu membakar banyak kalori untuk mengurangi lemak. Penurunan berat badan yang terjadi dengan cepat biasanya lebih banyak karena hilangnya cairan, bukan hilangnya lemak.

Penurunan berat badan secara dramatis khususnya dapat tercapai jika melakukan diet yang sangat rendah karbohiratnya karena tubuhmu menyerahkan air ketika dipaksa untuk menggunakan sumber bahan bakar lain.

Walaupun kamu mungkin ingin cepat-cepat menurunkan berat badanmu, banyak pakar setuju bahwa penurunan berat badan yang perlahan namun stabil adalah yang terbaik. Penurunan berat badan yang aman dan efektif berkisar antara 0.45 hingga 0.9 kg per minggu, dan cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan membakar sekitar lebih dari 500 kalori per hari melalui olah raga daripada hanya dari makanan.

6. Apakah diet ini mengatasi kebiasaan-kebiasaan jelek saya?
Diet sehat untuk melangsingkan tubuh yang terbaik adalah rencana yang tidak membuatmu merasa sedang menjalankan diet. Menjalankan "diet" dapat menciptakan obsesi terhadap makanan, meningkatkan nafsu terhadap makanan dan menyebabkan rasa frustasi.

Carilah sebuah rencana yang membantumu mengenali kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuatmu mencapai berat badan yang sehat. Jika kamu makan sambil menonton TV setelah “nongkrong malam” di kafe, atau secara teratur menghabiskan sisa-sisa makanan anak-anak, coba tinggalkan kebiasaan tersebut.

7. Bisakah saya tetap menikmati makanan favorit saya?
Beberapa rencana memiliki daftar panjang berisi makanan-makanan yang dilarang dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk memuaskan lidah. Bagi beberapa orang, dilarang menikmati jenis makanan tertentu malah akan memicu nafsu dan makan dengan kalap. Bagi beberapa orang, mereka justru akan melakukan dietnya lebih baik jika mereka menghilangkan makanan "pemicu" yang menyebabkan mereka makan dengan kalap.

Jika kamu tidak tahan hidup tanpa, misalnya, segelas anggur ketika makan malam, atau tanpa makan hidangan penutup sesekali, kamu perlu menemukan sebuah rencana yang membolehkanmu menikmati seporsi kecil makanan atau minuman favoritmu ini. Tapi jika kamu adalah tipe yang tidak bisa berhenti dengan hanya segelas anggur atau segigit dua gigit hidangan penutup, program diet yang lebih ketat mungkin adalah program tepat yang kamu butuhkan.

8. Apakah diet ini menyerukan perubahan-perubahan kecil dan bertahap?
Beberapa program meminta perubahan-perubahan signifikan sementara program yang lain mendorong perubahan yang lebih kecil "konsep langkah-langkah kecil " dan bertahap.
Perubahan sulit dilakukan dan makin kamu perlu untuk berubah, akan makin susah melakukannya. Carilah program yang mengubah kebiasaan makan dan olah ragamu secara perlahan kecuali kamu sudah siap untuk mengatasi tantangan yang sebenarnya.

9. Apakah program tersebut memerlukan suplemen, pembersih atau rumus detoks?
Kamu tidak memerlukan suplemen untuk menurunkan berat badan karena rencana penurunan berat badan yang sehat harus bisa menyediakan semua gizi yang kamu butuhkan melalui makanan yang kamu konsumsi. Jika kamu khawatir, kamu bisa minum suplemen multivitamin-mineral harian sebagai “jaminan” gizi.

Juga, tidak ada bukti ilmiah bahwa rumus pembersih atau detoks menawarkan manfaat penurunan berat badan – atau bahkan manfaat lainnya. Jika kamu tertarik pada suplemen, lakukan riset untuk memastikan kamu tidak membuang-buang uang untuk suplemen yang tidak terbukti memiliki manfaat menurunkan berat badan.

10. Apakah saya mau rencana yang terstruktur atau sebuah rencana yang lebih fleksibel?
Beberapa orang lebih memilih sebuah rencana diet yang menentukan makanan-makanan dan ukuran porsi spesifik untuk membantu mereka tetap berada di jalur yang benar. Beberapa orang lainnya menyukai fleksibilitas untuk memilih makanan yang mau mereka konsumsi. Selama program diet tersebut mengikutsertakan beragam makanan sehat seperti buah, sayuran, polong dan buncis, gandum utuh, produk olahan susu rendah lemak dan protein tanpa lemak, tipe diet apapun akan cocok.

Pastikan saja rencana diet tersebut membolehkan cukup makanan dan kalori sehingga rasa lapar tidak akan mengalahkan usahamu untuk melangsingkan tubuh. Ketika kalori berjumlah kurang dari 1,200 bagi wanita atau 1,500 bagi laki-laki, diet itu bisa menyebabkan kepalamu terasa ringan (keliyengan), mudah marah, dan cukup sengsara karena tubuhmu memerlukan jumlah minimum tersebut untuk berfungsi dengan baik.

Program DIY
Kenyataannya adalah walaupun program diet bisa membantu bagi beberapa orang, kamu tidak benar-benar perlu sebuah buku atau program diet sehat untuk bisa sukses melangsingkan tubuh. Kamu juga dapat melakukannya sendiri, namun sebelumnya mungkin kamu mau berkonsultasi pada seorang dietisien/konsultan gizi terdaftar untuk membantu membuat sebuah rencana yang sudah disesuaikan dengan kebutuhanmu.