Fad Diet atau Crash Diet: Cara Langsing yang Cepat dan Aman?

Ada undangan pernikahan teman dan kamu ingin tampil menawan dalam gaun pesta ataupun kebaya? Punya baju renang baru yang sudah siap kamu pakai untuk liburan ke pantai bulan depan tapi perut masih buncit? Ada pesta kantor dengan dresscode jas resmi tapi setelan jasmu sudah sempit semua? Kamu pasti pernah terjepit dalam salah satu kondisi di atas, dan sangat menggoda untuk bisa langsing dengan cepat – paling tidak supaya merasa lebih percaya diri. Adakah cara langsing yang cepat dan aman? Pilih yang sehat atau pilih crash/fad diet?


Apa salahnya menurunkan beberapa kilo secepat mungkin?
Salah satu program diet yang memberikan hasil yang cepat adalah crash/fad diet. Karena itulah jenis diet ini menjadi sangat populer. Namun taktik seperti ini bukannya bebas kekurangan. Asosiasi Dietetik Inggris melakukan sebuah survei pada tahun 2004. Sepertiga dari partisipan survei tersebut mengatakan pada akhirnya berat badan mereka malah lebih tinggi dibanding pada saat sebelum mulai berdiet.

Bagaimana menentukan apakah sebuah program diet adalah fad diet atau crash diet?
Jika program tersebut terdengar sangat menggiurkan, maka mungkin program tersebut adalah fad atau crash diet.

Waspada terhadapt diet yang berkeras agar kamu menghindari sekelompok besar makanan. Diet yang meminta kamu untuk makan hanya makanan tertentu (seperti kol) merupakan ciri lain dari fad diet. Kamu perlu merasa skeptis tentang pernyataan bahwa makanan tertentu (seperti jeruk bali) memiliki kualitas pembakar lemak ajaib.

Kamu juga harus hati-hati pada diet apapun yang memfokuskan pada betapa akan lebih baiknya penampilan kamu dibanding seberapa akan lebih sehatnya kamu setelah berdiet.
Fad diet atau crash diet menjadi populer karena “kemampuannya” menurunkan berat badan dengan cepat. Namun harus diingat bahwa cara langsing yang cepat dan aman meliputi pengaturan pola makan namun tetap mencukupi kebutuhan seluruh gizi, apalagi jika dibarengi dengan olah raga, pastinya hasilnya akan lebih maksimal.