Tentang metabolisme tubuh



Tidak semua orang paham tentang metabolisme tubuh. Kali ini kita akan membahas beberapa poin yang sering dihubungkan dengan metabolisme agar bisa mendapat gambaran ringkas tentang metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh merupakan salah satu poin penting dalam diet. Untuk Anda yang merasa sulit untuk mengubah berat badan Anda, entah itu sulit naik atau sulit turun, ada baiknya memahami lebih banyak seputar pengetahuan dasar tentang metabolisme tubuh.

Apakah yang dimaksud dengan metabolisme?
Metabolisme adalah proses yang digunakan tubuhmu untuk mengubah atau menggunakan energi.

"Metabolisme" merujuk pada sistem tubuhmu karena menggunakan atau mengubah energi.  Ini termasuk bernapas, mencerna, membangun otot, dan menyimpan lemak, peredaran darah – apapun yang merupakan bagian dari sistem di tubuhmu yang mengubah energi menjadi sebuah aktivitas yang Anda perlukan untuk hidup. Metabolisme melibatkan dua jenis proses: reaksi "anabolik", yang melibatkan membangun struktur seluler dan penyimpanan energi; dan rekasi "katabolik", yang melibatkan penguraian molekul bagi energi.

Apakah tingkat metabolikmu?
Tingkat metabolik adalah kecepatan dimana kamu membakar kalorimu.
Metabolisme seringkali disalahartikan sebagai tingkat metabolik, dan kedua istilah ini sering digunakan terbalik. Lebih akuratnya, "tingkat metabolik" adalah kecepatan metabolismemu, atau kecepatan kamu membakar kalori.

Kalau mau lebih tepat, "tingkat metabolik" adalah kecepatan kamu membakar kalori ketika kamu sedang beristirahat – sesuatu yang lebih sesuai disebut sebagai "tingkat metabolik istirahat," atau, diukur dengan cara yang sedikit berbeda, "tingkat metabolik basal”mu.
Metabolismemu dan tingkat metabolik ditentukan oleh sejumlah faktor. Gen berperan sangat penting; mereka adalah alasan mengapa beberapa orang dapat tetap kurus tak peduli seberapa banyak mereka makan, sementara orang lain perlu usaha lebih keras untuk menurunkan berat badannya. Gaya hidup – khususnya mengatur pola makan/diet dan berolah raga – juga dapat berperan penting. Tidak masalah kamu terlahir dengan jenis metabolisme yang seperti apa, atau seberapa baik kamu memertahankannya, metabolismemu tetap akan memelan seiring dengan pertambahan usia.

Metabolismemu terutama dikontrol oleh: Tiroidmu.
Tiroidmu mengatur metabolismemu, memproduksi hormon-hormon yang memengaruhi hampir semua aspek tentang bagaimana tubuhmu berkinerja: seberapa cepat atau lambat kamu membakar kalori, kapan atau apakah kamu membangun protein atau menyimpan energi sebagai lemak, dan bagaimana tubuhmu merespon hormon-hormon lainnya.

Karena itu, tidaklah mengejutkan jika gangguan tiroid dapat menyebabkan masalah bagi metabolismemu. Tiroid yang kurang aktif ("hipotiroid") memproduksi hormon-hormon tiroid yang dibawah normal, menyebabkan metabolisme yang lebih pelan, dan sebagai konsekuensinya seringkali menyebabkan kenaikan berat badan. Tiroid yang overaktif ("hipertiroid"), sebaliknya dapat menyebabkan metabolisme menjadi lebih cepat, seringkali menyebabkan penurunan berat badan.

Semakin banyak otot dan semakin sedikit lemak yang kamu miliki, makin tinggi tingkat metabolikmu.
Tingkat metabolikmu dipengaruhi dengan kuat oleh komposisi tubuhmu. Orang yang punya banyak otot dan lemak lebih sedikit umumnya punya tingkat metabolik yang lebih cepat, sementara orang-orang yang lemaknya lebih banyak dan ototnya lebih sedikit biasanya akan punya tingkat metabolik lebih rendah.

Laki-laki cenderung punya tingkat metabolik yang lebih tinggi dibanding perempuan karena perempuan memiliki jaringan lemak lebih banyak.

Diet kaya protein dapat mempercepat metabolisme tubuh.
Penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk memroses diet kaya protein – berarti ketika tubuhmu mencerna makanan yang tinggi kadar proteinnya, tingkat metabolikmu meningkat.

Olah raga kekuatan dapat membantumu menurunkan berat badan dengan mengubah tingkat metabolikmu.
Hal ini memang merupakan sesuatu yang pasti, namun ada beberapa pendapat mengenai bagaimana olah raga dapat mengubah tingkat metabolik seseorang. Sebuah pendapat mengaku dengan membangun otot dan memangkas lemak, olah raga kekuatan mendorong tingkat metabolik istirahatmu, membantumu membakar kalori dengan hanya duduk diam.  Namun menurut American College of Sports Medicine, bagi sebagian besar orang, hal ini tidak akan menampilkan banyak hasil penurunan berat badan. Mereka malah mengatakan bahwa manfaat penurunan berat badan yang utama didapat dari efeknya karena kalori yang dibakar ketika melakukan olah raga kekuatan, atau sebagai hasil langsung ketika tubuhmu membakar kalori dengan membangun otot.

Seiring dengan pertambahan usia, kamu cenderung kehilangan otot. Ini menyebabkan penurunan tingkat metabolik sejak menginjak usia 20an --- sekitar 2% per dekade (10 tahun).

Kafein dapat meningkatkan tingkat metabolikmu
Kafein merupakan stimulan – karenanya, kafein meningkatkan tingkat metabolikmu. Inilah sebabnya kafein sering menjadi bahan dari suplemen pelangsingan badan. Penelitian menunjukkan bahwa secangkir kopi Amerika dapat meningkatkan metabolisme sebanyak kira-kira 3% sampai 4% untuk jangka waktu yang singkat.

Beberapa makanan pedas juga dapat meningkatkan tingkat metabolik. Khususnya cabe pedas yang mengandung capsaicin yang khususnya merangsang proses metabolik yang disebut thermogenesis, dimana tubuh memroduksi panas, karena itu membakar kalori. Namun efek ini sepertinya tidak cukup kuat untuk membantumu jadi langsing. Tetap saja kamu tidak bisa hanya mengandalkan bumbu pedas dan harus mulai berolah raga.

Tingkat metabolikmu dapat dipengaruhi oleh iklim lokal
Tubuhmu harus bekerja untuk menjaga suhu alaminya. Dalam  cuaca dingin, metabolismemu dipaksa untuk menjadi lebih cepat untuk menjaga tubuhmu agar hangat. Dan di cuaca panas, metabolismemu harus menjadi lebih cepat untuk menjaga tubuhmu sejuk. Telah diperkirakan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah tropis memiliki tingkat metabolik istirahat yang 5% hingga 20% lebih tinggi dibanding orang-orang yang tinggal di daerah yang lebih sedang suhunya.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan tingkat metabolik
Kamu membakar kalori hanya dengan menjaga proses-proses vital tubuh dibanding ketika melakukan kegiatan fisik. Bahkan 65% sampai 75% dari kalori yang kamu bakar sehari dibakar oleh metabolismemu dalam proses memertahankan proses-proses vital tubuh. Aktivitas fisik berkontribusi hingga 30% dari pembakaran total kalori harian dan masih merupakan salah satu cara terbaik meningkatkan tingkat metabolikmu. 

Pengetahuan tentang metabolisme tubuh adalah hal yang sederhana. Intinya metabolisme adalah penggunaan energi oleh tubuh untuk hal apapun. Ketika kamu menambah proses penggunaan energi dalam tubuhmu, berarti kamu mempercepat tingkat metabolikmu.