Sumber Protein yang Sehat



Berbagai macam makanan -- dari daging,unggas, ikan, dan susu hingga kacang, biji-bijian, polong-polongan, telur, dan sayuran -- mengandung protein. Pertanyaan yang lebih penting adalah apa sajakah sumber protein yang sehat? Seorang yang gemar makan daging dapat dengan mudah mendapatkan semua protein yang dia butuhkan. Tetapi bahkan vegetarian juga dapat memenuhi kebutuhan mereka jika mereka memilih dengan lebih awas. 

Seberapa sehat makanan yang kaya protein biasanya tergantung pada kandungan lain yang terdapat di dalamnya. Contoh:
  • Daging adalah salah satu sumber protein utama dalam diet kita. Beberapa daging juga sarat dengan lemak jenuh yang tidak sehat. Pilihan yang sehat adalah daging tanpa lemak yang kadar lemak jenuhnya rendah.
  • Ikan merupakan sumber protein yang sangat baik dan minyak yang terkandung dalam ikan membantu melindungi kita dari penyakit jantung.
  • Telur juga kaya akan protein, meskipun telur juga mengandung kolesterol hingga sebesar 185 mg untuk sebuah telur berukuran besar.
  • Tanaman seperti kacang-kacangan dan polong-polongan adalah pilihan yang sangat bijak untuk sumber protein karena banyak dari kita yang kekurangan serat. Kedua jenis kacang dan polong ini kaya akan serat dan fitokimia nabati yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Beberapa studi menunjukkan bahwa protein nabati lebih sehat daripada protein hewani. Sebagai contoh, para peneliti yang mempelajari diet dan kesehatan di daerah pedesaan Cina menemukan bahwa rendahnya tingkat penyakit jantung dikaitkan dengan konsumsi protein nabati daripada protein hewani. Dalam sebuah penelitian terhadap pria yang lebih tua di Amerika Serikat, protein dari daging sapi lebih mungkin meningkatkan kadar kolesterol dibanding protein berbahan kedelai.

Banyak dari kita dapat menyeimbangkan konsumsi protein, menghindari daging kaya lemak dan memilih protein nabati seperti kacang-kacangan dan polong-polongan. Tapi pada akhirnya, sebagian besar ahli gizi setuju bahwa pendekatan yang lebih sehat adaah memvariasikan berbagai sumber protein yang sehat. Jika Anda mengawasi berat badan Anda, cobalah memasukkan sumber protein setiap kali makan. Melakukan hal tersebut dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.