Agar Berat Badan Tidak Naik Lagi



Setelah kamu mencapai berat badan yang kamu inginkan, sikap positif sangat penting dalam upaya untuk bisa sukses mempertahankan berat tersebut. Agar berat badan tidak naik lagi secara permanen, kamu harus membuat komitmen untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat secara bertahap.

Jangan kembali ke kebiasaan makan yang tidak sehat seperti sebelumnya kamu lakukan sebelum berat badanmu turun. Mengontrol berat badan bukanlah hal yang tidak mungkin. Menyeimbangkan  apa yang kamu makan dengan berapa banyak kamu berolah raga akan membantumu mempertahankan berat badanmu yang baru.

Bagaimana agar berat badan tidak naik lagiBerikut tipsnya:

1. Jangan melewatkan waktu makan.
Melewatkan jam makan dapat memperlambat metabolismemu. Melewatkan waktu makan juga dapat menyebabkan makan berlebihan nantinya.

2. Timbang berat badanmu sekali seminggu.
Memonitor berat badanmu akan membantumu berhenti naik berat badan karena menciptakan kewaspadaan. Kamu mungkin tidak bisa selalu merasakan perbedaan pada bagaimana pakaianmu muat di tubuh. Untuk memastikan kamu makan dengan sehat, buatlah jurnal makananmu dengan akurat. Catat semua yang kamu makan dan minum. Jujurlah dan akurat, kalau tidak jurnal tersebut tidak akan banyak bermanfaat. Jurnal makanan akan membantumu menyadari ketika ada makanan yang berkalori lebih tinggi yang dimakan lebih sering daripada seharusnya. Mencatat kapan kamu berolah raga (dan berapa lama) juga akan membantumu melihat kecenderungan yang terjadi. Apakah berat badanmu naik karena makananmu tidak berubah tapi kamu berhenti berolah raga?

3. Makan secara beragam agar kamu mendapatkan semua gizi yang kamu perlukan.
Masukkan pilihan-pilihan dari sumber gandum/padi-padian utuh, buah-buahan, sayuran dan protein tanpa lemak.

4. Pastikan kamu melakukan banyak aktivitas setiap hari. Aktivitas fisik adalah salah satu hal terpenting dalam aspek menurunkan/mempertahankan berat badan, jadi lakukan yang terbaik untuk tetap aktif setiap hari.

Demikian cara sederhana agar berat badan tidak naik lagi setelah mencapai berat badan yang diinginkan.