Menghindari Kenaikan Berat Badan Selama Liburan



Musim liburan memang membuat kita agak sulit untuk bisa taat mengikuti program diet. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menikmati liburan tanpa diikuti oleh kenaikan berat badan. Ketika sedang berlibur, sangat mudah terlena dan melupakan semua yang kita ketahui tentang makan dengan sehat – lalu ketika liburan usai, tiba-tiba celana dan rok kerjamu menjadi sulit untuk dikancing. Para pakar percaya ada cara untuk tetap bisa menikmati makanan dan minuman kesukaanmu sambil tetap menghindari kenaikan berat badan selama liburan.

Memang benar liburan bukanlah saat untuk menurunkan berat badan – namun bukan berarti kamu harus menambah ukuran lingkar pinggangmu. "Mempertahankan berat badanmu merupakan target realistis selama berlibur," ujar Dawn Jackson-Blatner, RD, seorang juru bicara bagi American Dietetic Association. Jadi sebelum kamu memesan segelas minuman berwarna di restoran, pertimbangkan 5 strategi sederhana ini untuk menghindari kenaikan berat badan selama berlibur:

Tip Liburan Sehat No. 1: Rencanakan dari sebelumnya untuk memasukkan waktu untuk FitnessBerlibur harus merupakan sebuah kesempatan untuk mengisi ulang energi, menyegarkan tubuh, dan bersantai – bukan sebuah alasan untuk beristirahat dari menjadi sehat. Ketika merencakan liburanmu, plilih lokasi yang akan memungkinkanmu untuk melakukan astivitas fisik yang kamu sukai. Ingatlah bahwa aktivitas fisik adalah tiket untuk bisa menikmati kalori ekstra tanpa bertambah gemuk.

Misalnya, Jackson-Blatner dan keluarganya mencari lokasi dimana mereka bisa ikut dalam lari 5K. "Ini menyenangkan, kami menyukainya, dan kami membangun liburan kami seputar aktivitas yang bisa kami lakukan bersama-sama," jelasnya.

Jika kamu bukan tipe pelari, pertimbangkan tempat-tempat dimana kamu bisa berjalan-jalan atau mendaki, bersepeda, berolah raga air, atau menggunakan fasilitas lapangan tennis atau gym hotel. Tanpa adanya jadwal kerja yang menyita waktumu, kamu seharusnya bisa menyempatkan melakukan olah raga menyenangkan setiap hari. Bermain golf, basket, berenang, jalan kaki, bersepeda, main tenis – pilih apa saja, yang penting lakukan setiap hari minimal selama satu jam.

Tip Liburan Sehat No. 2: Lakukan Persiapan
Ketika kamu bepergian, entah dengan pesawat, kereta, atau dengan mobil, persiapkan makanan sehat agar kamu tidak harus makan apa saja yang tersedia. Mulai harimu dengan sarapan yang bergizi, lalu kemas cemilan atau makanan-makanan kecil yang mudah dan memuaskan, misalnya roti isi ayam panggang dengan sayuran lettuce dan tomat dengan roti gandum, buah, dan beberapa potong sayuran segar dengan cocolan sehat.

Penundaan pesawat dan rasa bosan tidak terhindarkan ketika bepergian jauh, namun situasi ini bukanlah alasan untuk terus makan tanpa mengenal waktu. "Tetap makan sesuai jadwal sehingga kamu lebih tidak tergoda untuk makan cemilan yang berkalori tinggi di antara jam-jam makanmu," ujar presiden terpilih American Dietetic Association Connie Diekman.

Tip No. 3: Hindari Musibah Makan di Luar
Makan di luar bisa menjadi tantangan terbesar bagi menghindari kenaikan berat badan selama liburan. "Di rumah, kamu tahu persis apa yang ada dalam makanan yang kamu siapkan sendiri. Namun di restoran, makanan bisa menjadi sebuah misteri, dan satu-satunya cara untuk memastikan makanan tersebut disiapkan dalam cara yang sehat adalah dengan bertanya dan melakukan special request," ujar Diekman, seorang direktur gizi di Washington University.

Kuncinya adalah dengan memesan makanan yang dimasak dengan cara yang sederhana, seperti daging atau ikan yang dipanggang, dibakar, dikukus. "Mudah untuk mengontrol kalori jika kamu menghindari makanan yang digoreng, yang garing/renyah, atau yang berkrim; hindari pilihan ekstra seperti keju dan mayones; minum air putih dan jangan minum soda – hal-hal sederhana yang bisa memangkas kalori dan menyisakan ruang untuk hidangan spesial," tambah Blatner.

Strategi lain adalah dengan menyewa rumah/vila yang memiliki dapur dan akses ke supermarket agar kamu bisa menyiapkan sendiri makanan dan cemilan sehat. Memilih untuk tidak beres-beres dan memasak selama berlibur? Minta sebuah kulkas untuk di kamar hotel agar kamu bisa menyimpang cemilan sehat seperti yogurt rendah lemak, keju, buah, susu rendah lemak, smoothies, dan sayuran. Cemilan sehat akan membantu mengontrol rasa laparmu diantara jam-jam makan hingga kamu tidak akan kalap ketika makan di restoran.

Bahkan tanpa kulkas, kamu tetap bisa ngemil sehat dengan pilihan makanan seperti:
Kacang
Biji-bijian
Sereal
Buah kering
Kraker rendah lemak.
Sekotak kecil buah potong
Selai kacang
Popcorn
Granola atau sereal batangan
Kue jagung atau kue beras
Biskuit lunak seperti regal

Tip Liburan Sehat No. 4: Manjakan diri dalam jumlah yang sedang
Kekurangan merupakan hal yang tidak menyenangkan ketika kamu sedang berlibur. Ketika berlibur, "judulnya adalah sederhana ketika berhubungan dengan mengontrol kalori dari sajian dan alkohol," kata Blatner. Jadi makan satu scoop eskrim bukan sundae, atau makan satu hidangan penutup bersama-sama.

Ketika kamu minum alkohol, kalorinya bertambah dengan cepat, khususnya jika kamu minum minuman keren yang biasanya dihias dengan payung kecil. Jadi rencanakan berapa banyak ketika kamu mau minum minuman beralkohol.

Diekman menyarankan mengganti alkohol dengan minuman yang tidak beralkohol, bebas kalori, jadi tubuhmu tetap tidak kekurangan cairan dan mengurangi jumlah asupan kalori. Dan ketika memesan minuman beralkohol, pilih yang kalorinya rendah seperti bir ringan, wine spritzers, anggur, sampanye, atau alkohol yang dicampur air.

Tip Liburan Sehat No. 5: Kurangi Porsi
Bahkan ketika kamu sedang berlibur, menghitung porsi tetap harus dilakukan jika kamu ingin menghindari kenaikan berat badan. "Nikmati porsi-porsi kecil hidangan apapun yang kamu inginkan, [dan] makan secara perlahan agar kamu bisa merasakan makanannya dan merasakan kenikmatan, kepuasan, dan rasa santai dari liburanmu," saran Diekman.

Namun perlu diingat bahwa duduk-duduk dekat meja makan akan menggodamu untuk makan berlebih. Ia menyarankan untuk memindahkan acara kumpul-kumpul dari area makan ke teras, balkon atau lokasi lainnya dimana kamu bisa menikmati keindahan pemandangan lokasi liburanmu.

Jika kamu berada di sekitar orang-orang yang senang duduk selama berjam-jam, "pindahkan piring-piring dan makanan dan terus jaga gelas tetap penuh dengan air putih sehingga kamu tetap mengontrol makanan dan minuman, bukan sebaliknya," tambah Diekman.

Selamat berlibur sambil tetap menghindari kenaikan berat badan selama liburan.